Ribuan Santri di Kudus Gelar Parade Peringati Hari Santri dan Sumpah Pemuda

Ribuan Santri di Kudus Gelar Parade Peringati Hari Santri dan Sumpah Pemuda

October 30, 2018 0 By rois

Ribuan santri dari berbagai pondok pesantren berkumpul di Alun-alun Kabupaten Kudus, Minggu (28/10/2018). Selanjutnya mereka melakukan parade keliling Kota Kudus.

Momen tersebut bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober. Di sisi lain parade yang dilakukan tersebut bagian dari puncak peringatan Hari Santri Nasional.

Jumlah santri yang ikut parade kali ini mencapai 12 ribu orang. Mereka datang dari 100 kontingen madrasah dan pondok pesantren se-Kabupaten Kudus.

“Pada kesempatan kali ini kami ingin meneguhkan peran santri dalam menjaga NKRI. Mereka juga wajib menjaga keutuhan bangsa dan negara,” kata Ketua PC GP Ansor Kabupaten Kudus, Sarmanto.

Parade santri ini, kata Sarmanto, merupakan ruang bagi santri untuk mencurahkan kreativitasnya. Mereka tidak semua berpenampilan layanya santri, memakai sarung, baju koko, dan berpeci. Ada pula santri yang mengenakan kostum unik berbagai tema.

Di dalam barisan parade, ada pula santri yang membawa poster bertuliskan Santri no Drug, Santri Mandiri NKRI Hebat, dan sejumlah poster lainnya.

Selain itu juga terdapat poster yang bertuliskan Santri Mendukung Banser. Menanggapi hal tersebut, Sarmanto berujar, itu merupakan bagian dari spontanitas. Kecintaan santri atas paramiliter milik Ansor itu sudah menjadi bagian dari santri.

“Wajar, karena Banser bagian dar santri. Jika di media sosial sering dibully, sudah menjadi hal biasa bagi kami,” katanya.

Salah satu santri peserta parade, Maulana (16) mengatakan, dia bangga  menjadi santri. Menurutnya santri memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan. Soal perkembangan zaman, katanya, santri juga bisa mengikutinya.

“Tentunya bangga sebagai santri. Apalagi bisa berkumpul bareng santri lainnya di sini dalam puncak peringatan hari santri,” kata dia.(*)

SUMBER: http://jateng.tribunnews.com/2018/10/28/ribuan-santri-di-kudus-gelar-parade-peringati-hari-santri-dan-sumpah-pemuda